Panduan: Cara Menggunakan Google Analytics 2020

masrei

Pada dasarnya, fungsi Google Analytics adalah membaca data trafik suatu website. Hanya saja, data-data tersebut tak sekedar trafik per hari atau satuan waktu lainnya.

Melainkan…

Google Analytics merekam jauh dari hulu hingga hilir aliran user (flow) serta behaviour mereka.

Mulai landing page, lalu halaman lain apa yang dibuka oleh pengunjung, berapa lama pengunjung di suatu halaman, bahkan kecepatan suatu halaman.

Nah, hal-hal seperti ini yang sangat berguna untuk menganalisis performa website, UX website, behaviour pengunjung, dan hal fundamental lainnya.

Tujuannya untuk apa?

Untuk memperbaiki kualitas website serta mengetahui karakteristik dan behaviour pengunjung.

O iya, bila website Anda belum didaftarkan di Analytics, ikuti panduan berikut: Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics di Website.

masrei

Menu-Menu Google Analytics beserta Fungsinya

Ini merupakan tampilan home saat Analytics dibuka. Ada beberapa menu di bagian kiri dan beberapa widget di bagian kanan yang memperlihatkan grafik dan data trafik website.

home google analytics

1. Home

Bagian yang menjelaskan overview dari trafik dan data website. Digunakan untuk mengecek secara cepat website realtime.

Misalnya..

Website tiba-tiba user onlinenya 0, tak seperti biasanya, usut punya usut, ternyata servernya sedang down.

Atau hari ini trafik tiba-tiba anjlok, maka perlu analisis lebih lanjut, bisa jadi karena update Google atau penyebab lainnya.

Beberapa hal yang dapat dibaca pada bagian Home, yakni:

1) Trafik.
2) User (pengunjung) online.
3) Sumber trafik.
4) Popular pages.
5) User retention.
6) Devices yang digunakan oleh users.
7) Waktu berkunjung.
8) dan laporan di pojok kanan atas mengenai performa website.

Kedelapan poin di atas bisa diketahui report lebih lengkapnya dengan menekan bagian _____>.

Nantinya, Google Analytics akan memberikan data lebih terperinci perihal report yang dipilih.

Misalnya, saya ingin mengetahui report lanjutan user online, caranya klik Real-time Report. Hasilnya, seperti gambar berikut.

user aktif home analytics

 

2. Customization

Ya, sesuai namanya, custom.

Fitur ini mengizinkan webmaster bisa membuat detail reports sendiri dengan memilih matrik dan value apa saja yang hendak ditampilkan atau menggunakan reports dari gallery yang telah disediakan oleh analytics.

Berikut adalah contoh gallery custom report yang tersedia pada Google Analytics.

gallery google analytics

 

3. Realtime

Sebagaimana contoh pada bagian menu Home, menu ini merupakan lanjutan report yang terkait users online pada website.

Pada menu realtime kita bisa mengetahui lokasi, sumber trafik, konten apa saja, dan beberapa data lain. Berikut adalah contoh sumber trafik pada menu realtime.

realtime analytics

Terdapat beberapa sumber trafik, yakni organic (google dan yahoo), direct, referral, dan social (pinterest).

Realtime » Overview

Menyajikan data user yang sedang aktif beserta detail, seperti URL yang dikunjungi user, pageviews, lokasi, keywords, referral, dan sebagainya.

Realtime » Locations

Menyajikan data terkait lokasi lebih rinci, disini webmaster bisa tahu hingga kota beserta jumlah user aktif pada kota tersebut.

realtime location google analytics

Realtime » Traffic Sources

Menyajikan data sumber trafik yang menggiring user ke website.

Realtime » Content

Menyajikan data konten mana saja yang sedang dikunjungi oleh user.

Realtime » Conversions

Menyajikan data sesuai goals yang telah diset pada bagian Conversion. Namun sejauh ini saya belum menggunakan menu bagian ini.

masrei

4. Audience

Bagian audience menjelaskan mengenai user beserta karakteristik tertentu.

Karakteristik-karakteristik inilah yang akan dikelompokkan oleh Google menjadi suatu data yang bisa kita olah.

Contoh sederhana karakteristik, yakni bahasa, browser yang digunakan user, operating system, lokasi, umur user, behaviour, users flow pada website, dan lainnya.

Audience » Overview

Menyajikan mengenai data users beserta karakteristiknya secara umum.

Bila ingin mengetahui bagaimana progress optimasi yang dilakukan, apakah trafik naik atau turun, pengecekannya disini.

Data lainnya seperti bounce rate, session,  pageviews, hingga detail perangkat yang digunakan oleh user bisa dilihat disini.

behaviour analytics

Audience » Active Users

Menyajikan khusus mengenai trafik website.

Audience » Cohort Analysis

Menyajikan data terkait user retention. User retention berbentuk persentase yang menyatakan seberapa ‘setia’ user terhadap website.

User retention tersebut akan meningkat bila jumlah returning user tinggi pula.

Audience » Audiences

Menyajikan data demografi dan interest user, misalnya umur, gender, dan minat.

Untuk mendapatkan datanya, perlu mengaktifkan terlebih dahulu dengan menekan tombol Enable seperti di bawah ini.

audiences google analytics

Audience » Demographics, Interest, dan Geo

Menyajikan data terkait user setelah tombol Enable di klik. Berdasarkan preview dari Google Analytics sendiri, datanya akan seperti ini.

hasil audiences google analytics

Audience » Technology

Menyajikan data terkait browser, OS, dan network yang digunakan oleh user dalam mengakses website, berikut contohnya:

technology google analytics

Audience » Mobile

Menyajikan data terkait devices apa yang digunakan user dalam mengakses website.

Audience » Users Flow

User flow dalam hal ini lebih merujuk pada apa saja yang dilakukan oleh user pada website. Misalnya, membuka halaman A, lalu halaman B, atau halaman A, lalu langsung exit.

users flow analytics

 

masrei

5. Acquisition

Bagian acquisiton menyajikan data-data terkait dengan proses akuisisi/mendapatkan user yang berkunjung pada website.

Jadi, nantinya bisa diketahui sumber trafik terbesar dari media apa, organik, sosial media, referral, atau direct (langsung).

Hasil audit dari tahap ini dapat digunakan untuk mengambil tindakan bila tidak sesuai dengan target.

Acquisition » Overview

Menyajikan data-data terkait jenis ‘source’ yang menggiring user berkunjung ke website. Pada contoh ini ada 4 source, yakni organik, sosial media, referral, dan direct.

  • Organik: trafik yang berasal dari mesin pencari, baik Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo, dsb.
  • Sosial media: trafik yang berasal dari sosial media, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dsb.
  • Referral: trafik yang berasal dari link website lain.
  • Direct: trafik yang berasal dari kunjungan langsung oleh user tanpa media channel lain.

acquisition overview analytics

Acquisition » All Traffic

Menyajikan data lebih rinci terkait source users.

Disini bisa diketahui berapa jumlah kunjungan dari organic search untuk satuan waktu tertentu: hari ini, kemarin, 7 hari terakhir, dan seterusnya.

Bila lebih rinci lagi, Google Analytics juga akan menyajikan kata kunci/mesin pencari/sosial media apa yang digunakan oleh user, berikut ini contoh cuplikannya:

acquisition sumber trafik

Acquisition » Google Ads

Data yang ditampilkan hampir sama dengan Acquisition » All Traffic. Hanya saja, detail yang ditampilkan khusus trafik yang berasal dari Google Ads.

Acquisition » Search Console

Menyajikan data terkait landing pages, countries, devices, dan queries yang digunakan user.

Untuk mendapatkan data-data ini perlu integrasi antara analytics dengan search console. Untuk mengaktifkannya cukup ikuti langkah-langkah setelah klik “Set up Search Console data sharing” sebagaimana gambar berikut:

integrasi dengan search console

Acquisition » Social

Menyajikan data terkait kunjungan yang berasal dari sosial media lebih rinci, seperti nama media sosial serta jumlah kunjungannya.

sumber trafik dari media sosial

Acquisition » Campaigns

Menyajikan data terkait paid dan organic keywords yang digunakan user untuk berkunjung pada website.

masrei

6. Behaviour

Bagian behaviour menyajikan data terkait aktivitas atau interaksi user pada website. Misalnya, user berpindah dari page A ke page B, nah ini dinamakan sebagai behaviour.

Behaviour » Overview

Menyajikan data trafik website beserta tambahan informasi terkait pageviews, time on page, bounce rate, dan exit.

overview behaviour

Behaviour » Behaviour Flow

Data yang ditampilkan pada behaviour flow hampir sama dengan user flow pada menu Audience. Perbedannya, pada user flow terdapat keterangan negara sementara menu behaviour tidak.

behaviour flow

Behaviour » Site Content

Menyajikan data terkait halaman website beserta nilai pageview, bounce rate, time on page, session duration, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat pula halaman yang menjadi halaman awal saat user berkunjung atau landing pages serta exit page.

Behaviour » Site Speed

Menyajikan data terkait kecepatan website. Bila nilainya semakin kecil maka semakin bagus, artinya load website cepat.

Pada site speed » overview akan ditampilkan data kecepatan website dengan beberapa pilihan, seperti browser, country, dan page.

browser website

Lalu, bagian lainnya yang cukup penting diperhatikan, yakni site speed » speed suggestion.

Pada bagian ini upayakan supaya scorenya ada di rentang 50-89, lebih bagus lagi bila di atas 90.

Cara mengecek sekaligus mengoptimalkan dengan klik icon panah pada kolom PageSpeed Suggestion.

sitespeed website

Behaviour » Site Search

Menyajikan data pencarian yang dilakukan oleh user melalui kotak pencarian yang ada di website.

Behaviour » Events

Menyajikan data terkait event yang telah dipasang pada website, misalnya klik ke external link, download file, atau play video.

Namun, tidak seluruh event bisa ditampilkan pada analytics, perlu memasang tracking code.

Behaviour » Publisher

Bagian ini datanya akan ditampilkan apabila Google Analytics dikaitkan dengan Google AdSense.

Nantinya, data-data yang akan ditampilkan, yakni impression, click, dan revenue per konten.

 

7. Conversions

Bagian ini menyajikan data-data yang terkait dengan goals yang telah ditetapkan.

masrei

Sebagai penutup, Dari beberapa menu dan submenu yang lumayan banyak, ada beberapa yang sekiranya menjadi perhatian pokok, di antaranya:

1. Realtime
2. Audience » Active Users
3. Audience » Users Flow
4. Acquisition » All Traffic » Channels
5. Acquisition » All Traffic » Source/Medium
6. Behaviour » Site Content
7. Behaviour » Site Speed

Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekurangan, ya.

Please login to reply