Kumpulan Contoh Kata-kata Promosi Bisnis Online

IndiMart

Bisnis online menjadi trend di kalangan masyarakat digital sekarang ini, tak ayal social media menjadi area menjanjikan untuk berbisnis. Begitu banyak pula orang yang ingin berjualan, begitu juga dengan calon pelanggan yang tak acuh. Hanya perlu beberapa trik & tips berjualan agar usaha Anda berjalan sesuai rencana.

Bukan rahasia lagi bahwa sosial media menjadi andalan pelaku bisnis di Indonesia untuk menawarkan produk mereka. Tapi persaingan menjual barang menjadi begitu kompetitif pada sebagian kalangan, mengingat banyaknya UMKM, reseller, dropshipper yang juga ingin meraup untung lewat sosial media. Jika sudah begini, gambar saja tak cukup untuk meyakinkan calon pembeli, apalagi menarik perhatian orang yang awalnya tidak ingin membeli.

Tapi jangan dulu bersakit hati karena masih ada cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapat keuntungan ditengah persaingan online shop yang begitu banyak. Anda hanya perlu strategi yang sedikit kreatif agar bisa menarik pengunjung ke toko online, agar semua barang dagangan terjual sesuai ekspektasi.

Tentukan target pasar terlebih dahulu

Pastikan Anda mengerti target pasar dari produk yang Anda jual. Mengadakan survei kecil-kecilan tentang kebiasaan orang-orang di sekitar bisa menjadi hal yang efektif untuk memahami perilaku konsumen. Jenis barang yang sama belum tentu digunakan oleh kalangan yang berbeda, misalnya produk hijab wanita yang belum tentu digunakan oleh semua orang. Ada tipe orang dengan rambut berminyak, memiliki aktivitas tinggi, dll sehingga perbedaan kebutuhan itu mempengaruhi pemilihan barang yang mereka beli. Anda harus klasifikasikan berdasarkan lifestyle, tingkat pendapatan, pendidikan, dan hal-hal interest yang mereka sukai.

Sebelum membedah kata-kata promosi bisnis online, kami akan menginformasikan kepada Anda tentang karakteristik umum online shop yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara. Entah itu online shop dari Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Singapura memiliki karakteristik yang nyaris sama. Hal itu mungkin karena dipengaruhi budaya dan impresi masyarakat Asia Tenggara yang menyukai referensi yang nyaris sama.

Visual

Banyak online shop yang ada di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara yang mengutamakan visual sebagai senjata utama untuk menarik pelanggan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sebagian besar manusia lebih mudah menangkap hal-hal visual lebih cepat daripada panca indera yang lain. Visual bisa mempengaruhi daya pikir, persepsi, dan citra barang dan jasa. Maka dari itu kami merekomendasikan Anda untuk mengerti pangsa pasar terlebih dahulu, agar persepsi gambar yang terpampang di social media tepat sasaran. Adapun contoh-contoh gambar yang bisa Anda jadikan inspirasi, seperti:

Sumber: Instagram @adorableprojects

Berdasarkan gambar di atas, semua orang pasti bisa menyimpulkan bahwa produk dari adorable projects diperuntukan untuk perempuan muda. Meskipun semua perempuan bisa mengenakan sepatunya dengan ukuran yang sama, tetapi desain dan pemilihan warna mungkin tidak cocok digunakan untuk tipe perempuan formal dengan level eksekutif. Inilah yang disebut dengan korelasi antara target pasar dengan desain visual yang in line.

Kata-kata, caption dan pemilihan kalimat

Visual dan pemilihan kata-kata menjadi penting jika Anda berbisnis online. Kedua hal itu adalah kunci keberhasilan menarik hati konsumen meski mereka tidak melihat barang dan wujudnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai memikirkan kata-kata yang tepat. Anda harus menyadari bahwa instagram, twitter, facebook, e-commerce memiliki pasarnya masing-masing. Ada keterbatasan kalimat, kebiasaan yang berbeda dari masing-masing aplikasi. Hal ini yang perlu Anda ketahui sebelum memposting komoditi barang di social media.

Instagram

Bukan hal yang rahasia lagi jika Instagram kini menguasai pangsa pasar di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Bahkan mereka telah memperbarui fitur khusus untuk akun yang menjual produk, pelanggan bisa langsung menyentuh layar touchscreen ponsel dan harga barang terpampang langsung pada gambar. UMKM di Indonesia juga kian banyak yang memanfaatkan instagram sebagai tempat pemasaran barang/ jasa mereka. Dikemas dengan gambar-gambar lucu dan menarik, maka konsumen dengan sendirinya tertarik untuk berkunjung. Disamping itu  Anda bisa diuntungkan dengan beberapa fitur seperti instagram ads, friends recommendation pada halaman explore, iklan story, dll.

IndiMart

Menyajikan kata-kata di Instagram juga harus kreatif. Tidak melulu tentang deskripsi barang, harga barang, dan ukuran. Foto dengan kualitas yang bagus di Instagram memang banyak, tetapi jangan biarkan pengguna instagram melihat foto itu begitu saja. Tanamkan di dalam mereka hal-hal menarik lewat kata-kata yang Anda rangkai. Contohnya seperti erigostore, yang memberikan informasi tentang fun fact tentang jaket bomber yang digunakan oleh militer Amerika Serikat.

Twitter

Pengguna twitter berbeda dengan pengguna instagram, secara demografis user twitter 19% pria berusia antara 25-34 tahun yakni hampir dua kali lipat jumlah wanita dalam rentang usia yang sama. Sebaliknya, pada 12%, demografi usia Twitter yang umum untuk wanita adalah segmen usia 18-24 tahun. Pemirsa global Twitter condong pada pria. Menurut data audiens periklanannya, pembagian gender di seluruh dunia adalah 62% pria dan 38% wanita.

  • Di antara orang dewasa A.S., tweeter paling produktif cenderung perempuan: 65% pengguna Twitter yang paling aktif adalah wanita.
  • Di saat yang sama, wanita A.S. juga lebih cenderung memiliki akun Twitter pribadi dibandingkan pria
  • 85% pemirsa iklan Twitter India adalah pria, peringkat negara ketiga untuk rasio pria-wanita tertinggi.
  • Filipina, Thailand, Indonesia, Malaysia, Laos, dan Brunei memiliki rasio perempuan tertinggi

 

Jika berdasarkan sumber yang telah kami kutip di atas, jelas bahwa pengguna Twitter di Asia Tenggara adalah perempuan. Maka dari itu jika jenis usaha Anda diperuntukan untuk kaum hawa, mungkin menawarkan barang lewat twitter adalah hal yang tepat. Tapi cara menawarkan barang di Twitter dengan Instagram juga jauh berbeda. Sangat jarang orang berjualan lewat akun twitter, biasanya si penjual yang langsung menawarkan ke thread-thread populer. Seperti:

Sumber: thread twitter @nitalusianaaaa

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata kunci berjualan seperti “Twitter, do your magic”, dengan harapan lapaknya laku.

Facebook

Mengapa Anda sering melihat online shop Ibu-Ibu dibandingkan anak muda di social media facebook? Jelas, karena berdasarkan riset sprout social Facebook memiliki pengguna orang usia dewasa hingga pensiun yang pada umumnya sudah memiliki keluarga. Kelompok usia ini telah berkembang di platform dari 26% pada 2018 menjadi hampir 40% pada 2019. Menariknya, Generasi Milenial dan Boomer hanya meningkat maksimal 2% dan Gen X bahkan mengurangi akses akun Facebook. Meskipun begitu facebook juga merupakan area yang pas untuk merekomendasikan produk karena terdapat 5. 1,62 miliar pengguna mengunjungi Facebook setiap harinya.

Misalnya jika Anda memiliki produk kaos atau jaket yang pas dipakai untuk remaja, mungkin secara visual bisa didesain sedemikian rupa untuk menarik minat Ibu rumah tangga/ Bapak-bapak. Agar mereka bisa membelikan jaket tersebut pada anaknya yang masih belasan tahun. Facebook yang sudah populer sejak tahun 2008 di Indonesia telah mengalami perubahan dari situs eksistensi diri menjadi tempat jual-beli barang, hal itu terbukti dari forum-forum atau grup yang ada pada halaman facebook Jika Anda seorang produsen mungkin bisa memanfaatkan hal ini sebagai mendistribusikan ke reseller.

Sumber: Facebook listing

Jika diihat dari postingan di atas, terlihat jelas bahwa keduanya memiliki caption yang lebih ramah terhadap pengguna facebook. Jika pengguna facebook adalah Ibu rumah tangga, maka seller biasanya menggunakan kata “bund”...”mom”, dll.

Please login to reply