7 Ide Bisnis Online Yang Menguntungkan

IndiMart

Era digitalisasi memudahkan kita semua untuk berbisnis, tidak heran bahwa kini orang bisa mencari uang dengan cara apapun. Bisnis online adalah usaha yang halal dan tidak merugikan orang lain selama persaingannya sehat. Bagi Anda yang belum mengetahui tentang bisnis online, ada beberapa referensi yang kami berikan untuk dijadikan inspirasi berbisnis yang menguntungkan. Tapi ingat, bisnis adalah usaha yang harus dijalankan dan Anda harus siap dengan segala risiko. Tidak ada uang instan yang datang begitu saja.

Trading atau saham

Beberapa orang menganggap bergabung dengan pasar saham yang tidak stabil dan perdagangan valas sebagai ide bisnis sangat berisiko. Hal itu tidak salah tetapi jika Anda memulai dari yang kecil dan terus meneliti sampai Anda mendapatkan pengetahuan dan pengalaman di bidang ini, itu mungkin tidak ada salahnya. Semua bidang usaha mengalami risiko yang besar juga. Hal utama dalam trading adalah menemukan jalan untuk dipelajari. Mengumpulkan pengetahuan dari orang-orang yang merupakan pelaku trading sebenarnya dan terbukti menghasilkan daripada tidak memulai usaha apa-apa. Jika Anda tidak pandai berdagang barang, mungkin usaha trading sangat pas untuk Anda. Karena trading hanya memerlukan waktu di dalam ruangan dengan PC untuk memonitoring pergerakan harga pasar.

Faktanya setelah Anda memahaminya, Anda berpotensi mendapatkan untung yang layak dari menukar mata uang asing dan saham. Tujuan dari setiap trader yang sukses adalah untuk mengenali mata uang dan saham mana yang lebih menjanjikan nilainya. Semakin banyak Anda mempelajari strategi dan prinsip ini, semakin banyak uang akan Anda peroleh.

Jika Anda ingin menguji kemampuan, pilihlah salah satu jaringan trading dan daftar ke jaringan trader dengan gratis. Biasanya Anda akan diminta deposit sejumlah uang dalam valuta USD (dollar Amerika Serikat). Perlu diingat bahwa trading yang ada di Indonesia tidak semuanya resmi atau legal, mereka dengan cepat menjaring banyak WNI untuk bergabung tetapi tidak menjamin legalitasnya. Saran kami Anda harus mendaftar pada perusahaan yang sudah legal dan terpercaya, agar semua transaksinya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Jangan mudah teriming-iming iklan trading, karena sesungguhnya trading tidak semudah yang dibayangkan. Investasi tidak pernah bertumbuh dengan cepat dan melejit, banyak faktor yang mempengaruhinya.

Reseller/ dropshipper

Hal ini adalah yang paling instan daripada jenis usaha lain, hanya saja perlu skill meyakninkan calon pembeli. Anda cukup bekerjasama dengan agen/ produsen kemudian menawarkan barangnya kepada orang-orang terdekat. Anda tidak perlu membeli stock, karena produsen biasanya bersedia mengantarkan barangnya dari gudang mereka. Jika Anda ingin berjualan secara dropship/ reseller sebaiknya mengandalkan produsen dari kota yang sama. Agar semua barangnya bisa dipertanggungjawabkan dan transaksinya transparan. Mengandalkan produsen atau distributor dari kota yang sama juga menghindari miskomunikasi, atau hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga masalah bisa teratasi dengan baik.

Amazon FBA Business

Jika Anda baru mengenal konsep bisnis online ini, FBA adalah singkatan dari Fulfillment by Amazon. Tugas dari FBA Business adalah mencantumkan produk Anda di situs web mereka dan ketika penjualan masuk, mereka akan memasarkan produk, mempersiapkannya untuk dikirim dan mengirimkan produk Anda ke pelanggan. Pada dasarnya Anda bisa memanfaatkan jaringan distribusi yang kuat dan basis pelanggan Amazon. Gudang Amazon, memenuhi pesanan Anda, dan juga menyediakan layanan pelanggan kepada klien Anda, jadi Anda tidak perlu bekerja keras selayaknya memiliki akun di e-commerce pada umumnya. Bergabung dengan Amazon memungkinkan Anda untuk bertindak seperti perusahaan besar, yang kemudian menyuplai ke Amazon untuk dijual.

Influencer

Influencer telah menggemparkan industri pemasaran dalam dua dekade terakhir. Sebelum lahirnya media sosial, konsep itu belum pernah terdengar. Saat itu, satu-satunya merek yang dapat mendukung produk mereka adalah selebriti terkenal. Tapi hari ini, influencer dan orang terkenal media sosial adalah selebritas laris manis mengundang pengiklan. Influencer adalah orang yang terhubung dengan audiens dan menginspirasi mereka untuk mencoba produk atau layanan. Istilah ini muncul sekitar akhir tahun 2000-an ketika YouTube booming di kalangan pengguna internet. Tokoh kepribadian semacam ini mulai mengumpulkan jutaan pengikut, dan perusahaan mulai memperhatikan bahwa mereka adalah investasi yang menjanjikan sebagai citra produk.

IndiMart

Tak lama kemudian, YouTuber hingga influencer Instagram meraup jutaan dolar. Mereka menjadi tujuan bagi banyak perusahaan karena berhubungan langsung lewat social media dengan banyak orang. Mungkin saat ini orang-orang sudah bosan dengan keberadaan influencer, namun Anda perlu memahami bahwa mereka memiliki pasarnya masing-masing. Karakter dan kepribadian mereka tidak bisa disamakan dengan orang lain, sehingga tidak bisa semua merk diterima dengan begitu saja. Masing-masing bidang memiliki pangsa pasarnya masing-masing sehingga memudahkan pengiklan untuk menyampaikan nilai produk ke audiens yang tepat.

Pada intinya, Anda jangan menyepelekan pengaruh media sosial dalam hal pemasaran. Ketika menjadi seorang influencer Anda harus memasarkan diri Anda sendiri untuk menarik audiens sebelum Anda mendapatkan kesepakatan merek untuk memasarkan produk. Ini seperti kursus kilat dalam dunia periklanan. Banyak influencer memiliki karier yang sukses dengan melakukan hal yang sama selama bertahun-tahun. Orang lain beralih ke usaha bisnis lain. Apa pun itu, pengalaman dalam pemasaran itu terbukti sangat berguna!

Keuntungan besar lainnya dari menjadi seorang influencer adalah Anda memiliki kendali penuh atas pekerjaan Anda. Merek mungkin memiliki pedoman periklanan mereka sendiri yang harus Anda ikuti. Tapi selain itu, Anda bebas menentukan jalan Anda. Pilih biaya bisnis Anda dan pasarkan produk yang Anda yakini!

Influencer mendapatkan kesempatan untuk menemukan produk dan layanan baru setiap saat! Jika permintaan Anda tinggi, Anda dapat memilih dan memilih barang mana yang Anda dukung. Ini adalah peluang "jadilah bos bagi diri Anda sendiri"!

Membangun bisnis clothing line

Selain melatih jiwa kreatifitas, membangun usaha clothing line juga menguntungkan. Anda bisa membuat produk yang bisa digunakan orang-orang setiap hari. Produk clothing line sangat tepat untuk anak muda zaman sekarang, mulai dari belasan hingga 30 tahun. Dengan ide sederhana ini, Anda bisa membentuk branding yang tepat selama kualitas bahan yang digunakan baik dan menarik perhatian orang. Anda bisa bekerja sama dengan orang-orang yang mendesain pakaian, sementara Anda memasarkan produknya dengan tepat. Tetapi ingat, Anda harus tahu target pasarnya agar desain dan citra produk Anda tidak jath ke orang yang salah.

Cara memasarkan online clothing line sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja Anda sebagai pedagang harus getol dan rajin menanamkan branding kepada pelanggan. Entah itu menawarkan ke facebook/ instagram/ e-commerce. Gunakan jurus-jurus bahasa agar calon pelanggan tertarik membeli produk Anda.

Jasa Titip

Tidak semua produk dijual ke seluruh Indonesia, misalnya ikan cakalang Miangas yang hanya ada di Sulawesi. Hidangan kue bolu Meranti Medan, gudeg Jogja, pecak Bandeng khas Banten, bakpia Jogja, dll semuanya diproduksi di kota asalnya. Terkadang orang luar kota yang pernah mencicipinya juga ingin menikmati hidangan tersebut dirumah, dan hanya lewat jasa titiplah mereka bisa menikmati makanan yang sedang ingin mereka cicipi. Bermodal social media dan e-commerce kesayangan Anda, usaha jasa titip bisa menjadi usaha yang menarik. Anda bisa mengambil untung dari jasa titip tersebut. Mungkin jumlahnya tidak terlalu besar jika dibandingkan menjual barang kulakan, tetapi jika usaha ini menguntungkan kenapa tidak? Jika Anda pintar berbahasa Inggris, Anda juga bisa menjadi jasa titip bagi mereka yang ingin membeli barang di Indonesia tanpa harus berkunjung ke sini. Untungnya jauh lebih berlimpah, karena biasanya orang luar Negri tidak akan menawar harga karena di Indonesia sudah menetapkan harga yang murah bagi mereka.

Frozen food

Ketika zaman berganti menjadi budaya yang praktis, kemampuan orang untuk memasak juga berkurang. Zaman sekarang orang suka memasak makanan instan seperti lauk beku kemudian dimasak lagi dengan microwave. Sebenarnya menjual makanan ini tidak salah, karena pada dasarnya makanan yang sudah dimasak dibekukan terlebih dahulu lalu dikemas dengan aluminium foil dan dikirim ke kota tujuan.

Bisnis ini terbukti menguntungkan bagi beberapa pelaku bisnis rumah tangga, karena jika pelanggan sudah suka dengan makanannya mereka akan memesan terus menerus. Kalau Anda tidak terlalu pandai memasak, mungkin bisa membuat makanan frozen food sederhana seperti donat frozen (yang dibekukan dan digoreng setengah matang). cireng, risoles mayonaise, rolade, galantin sapi, dimsum, pempek, dll. Semuanya bisa bertahan hingga 7 hari setelah dibuat.

Please login to reply